Skip to main content

Kuasa Jahat tengah Mengincar Mata Air Kolondono?

Kawan2, ditangkapnya Taufik, kepala dusun Kolondono Grobogan Mojowarno Jombang, oleh Polres Jombang, 16/3, menyuguhkan dua fakta tak terbantahkan. _Pertama_, ada kekuatan jahat yang sedang mengincar kejernihan air Grobogan dan sekitarnya. Entah dengan cara bagaimana, saya mendengar kabar, kekuatan ini tengah mengincar lahan warga seluas hampir 5 hektar, demi pendirian pabriknya. Itu berarti lahan pertanian warga telah beralih fungsi ke industri.

_Kedua_, dalam menjalankan aksi joroknya tidak jarang kekuatan jahat ini memanfaatkan elit masyarakat. Sangat mungkin motivasinya adalah untuk melumpuhkan soliditas warga agar loyo saat menghadapi kekuatan jahat ini.

Perlu diketahui, Alloh SWT telah memberikan anugerah luar biasa bagi Grobogan dan Sumberboto, dalam bentuk sumber mata air berkualitas tinggi. Anugerah ini perlu dijaga dengan sungguh-sungguh.

Oleh karena itu, warga di sana perlu mempertimbangkan serius masuknya korporasi yang ingi mengkapitalisasi air . Hemat saya, penguasaan air secara sepihak oleh pemodal tidak hanya merugikan generasi saat ini saja, namun juga akan berimplikasi serius terhadap masa depan anak-cucu.

Dari mana warga akan memenuhi kebutuhan air mereka jika disedot secara rakus? Apalagi Jombang termasuk kawasan yang sangat rentan bencana kekeringan.

Saya berpandangan, warga perlu mendatangi DPRD dan Bupati untuk menolak cengkraman kekuatan pemodal di sana. Saya juga meyakini, akan lebih banyak mudlarat ketimbang manfaat ketika air Grobogan telah dikapitalisasi.

Mari kita selamatkan sumber air kita.

Aan Anshori

Comments